Pages

Wednesday, November 7, 2012

Teknologi Masa Depan

Perkembangan atau kemajuan teknologi berjalan dengan sedemikian cepatnya dari waktu ke waktu, sehingga tidak lama lagi seluruh dunia akan berubah secara drastis. Teknologi-teknologi baru yang sedang dikembangkan benar-benar revolusioner, hal-hal yang nyaris tidak pernah terbayangkan sebelumnya oleh para ilmuwan atau hanya ada dalam khayalan-khayalan manusia, maka di masa depan semua bias menjadi kenyataan.

Di sini, saya akan menoba mengemukakan beberapa kemungkinan2 teknologi-teknologi masa depan yang sudah dikembangkan dari sekarang dan bias jadi tidak membutuhkan waktu lama untuk mewujudkannya.


 

  1. Televisi yang wangi.

Di masa depan, televisi (TV) masih merupakan salah satu alat hiburan keluarga yang masih popular. Akan tetapi televise masa depan akan mempunyai teknologi yang jauh lebih canggih. Bukan seperti sekarang yang hanya dapat menampilkan gambar dan suara saya. Tetapi di masa depan televise juga mampu mengeluarkan aroma wangi2an/ bau sesuai dengan apa yang sedang kita saksikan di layar. Misalnya kita sedang menonton acara memasak di pagi hari. Kita dapat secara langsung mencium aroma dari masakan yang sedang di buat. Atau pada iklan parfum, pemirsa televisi dapat mencium sample wangi dari parfum tersebut dan sesuai dengan yang asli nya.


 

  1. Mesin cerdas seukuran atom (Nanoteknologi)

Nanoteknologi adalah teknologi masa depan yang memungkinan manusia memanipulasi partikel-partikel super kecil yang besarnya nyaris seukuran atom! Nanometer sendiri adalah ukuran 1/semilyar meter, atau nyaris ketebalan rambut dibelah 50.000.

Tujuan dari nano teknologi ini adalah menciptakan material baru masa depan, bahkan bisa juga diciptakan dari teknologi nano ini mesin-mesin dan robot-robot seukuran partikel. Material-material itu akan bisa lebih kuat dari intan, super ringan, tahan panas dan dingin dengan skala yang ekstrim, mampu menghantarkan listrik lebih baik, lebih tahan lama, ramah lingkungan dan seterusnya.

Kemungkinan aplikasinya benar-benar dahsyat dan akan merubah seluruh dunia. Bayangkan bila kita bisa menciptakan berbagai material baru yang lebih keras dari intan, dan jauh lebih ringan dari baja. (Carbon nanotubes, sp2 bond). Kita bisa menciptakan kerangka super kuat untuk mobil, pesawat terbang, atau bangunan dan jembatan. Dengan bobotnya yang lebih ringan, semua mobil dan pesawat juga akan lebih hemat energi.

Kita bisa menciptakan baju anti kusut dan tahan noda. Kita juga bisa menciptakan robot berukuran bakteria, nanobots, dan memasukanya ke dalam tubuh manusia. Fungsinya bisa dari menyembuhkan penyakit, menghancurkan sel-sel kanker, bahkan memperkuat tubuh manusia.


 

  1. Rekayasa genetika pada manusia.

Di masa depan, manusia telah berhasil memetakan gennya dalam proyek raksasa "The Human Genome Project". Dengan data ini manusia mempunyai peta informasi untuk mengeksplorasi fungsi dan potensi dari tiap gen dalam tubuh manusia. Mulai dari gen yang menentukan bentuk fisik manusia, gen penyebab kanker, gen yang membentuk ingatan, gen yang menciptakan kecerdasan, bahkan gen khusus yang mengatur proses penuaan.

Ini nantinya akan memungkinkan dilakukannya rekayasa genetika untuk menciptakan manusia-manusia masa depan yang sangat unggul. Manusia dengan kesehatan sempurna, terbebas dari penyakit, berumur lebih dari 100 tahun dan mempunyai kecerdasan mendekati genius.

Bayangkan bila manusia menemukan gen spesial yang membuat Einstein menjadi genius. Lalu gen itu bisa ditransfer ke seluruh umat manusia. Atau keunggulan fisik David Beckham, atau bahkan kharisma John F. Kenned

Tapi rekayasa genetika tidak hanya untuk manusia, tapi juga bisa untuk tumbuhan dan hewan ternak. Rekayasa genetika bisa menciptakan padi dan gandum jenis baru dengan hasil panen yang berkali-kali lipat. Kita juga bisa menciptakan daging sapi yang lebih empuk dan gurih. Kita bahkan juga bisa menciptakan tanaman dan hewan konsumsi dengan nilai gizi yang unggul.


 

  1. Penemuan energy yang dapat di perbaharui dan tidak pernah habis.

Saat ini, sebagian besar penggunaan energy oleh manusia adalah yang bersumber dari minyak bumi yang keberadaan nya semakin lama semakin menipis. Olehkarena itu para ilmuan telah sejaklama mencari alternative baru pangganti bahan bakar fosil ini dengan sumber energy yang dapat diperbaharui. Seperti menggunakan energy angin, arus laut, sinar matahari dan lain-lain. Akan tetapi penggunaan sumber energy alternative ini ternyata belum mencukupi dan menghasilkan output tenaga setengah nya dari pada jika menggunakan energy yang berasal dari minyak bumi.

Lalu terpikirkan seandainya kita punya sumber energy seperti matahari. Yang menghasilkan panas selama milyaran tahun yang lalu dan belum habis sampai sekarang. Seperti yang kita ketahui matahari setiap detiknya, mengeluarkan energi sebesar seluruh energi yang digunakan seluruh umat manusia sepanjang sejarahnya. Energi plasma hidrogen raksasa sebesar 380 Milyar-milyar Mega-Watt (380^26 MW), per detiknya. Inilah energi yang dikenal sebagai energi Fusi Nuklir.

Maka untuk mewujudkan hal tersebut, saat ini telah para ilmuwan sudah memulai suatu riset yang diberi nama ITER untuk mencoba meniru reaksi fusi yang terjadi di matahari. (seperti di ilustrasikan pada film spiderman 2). Bias dibayangkan jika para ilmuwan ini berhasil menciptakannya, maka seluruh dunia akan mempunyai sumber energi baru yang dahsyat menggantikan minyak bumi. Energi ini akan begitu besar dan efisien, tidak terbatas, sangat murah, serta ramah lingkungan.


 

  1. Proses penyembuhan yang sangat cepat (stem cell)

Di dalam dunia hewan kita mengenal cecak. seekor cecak, yang bisa menumbuhkan kembali ekornya yang putus dengan sempurna. Selain itu, Ada sejenis cacing bernama "planarian worm", yang banyak hidup di laut maupun sungai, yang mampu menumbuhkan ulang bahkan nyaris seluruh tubuhnya.

Planaria, terutama spesies Schmidtea mediterranea, mampu meregenerasi utuh tubuhnya, bahkan bila tinggal sepotong kecil saja tubuhnya yang tersisa, sampai 1/300 bagian. Dan bila kepalanya dihilangkanpun, dia akan menumbuhkan kembali kepalanya dengan sempurna.

Bagaimana jika manusia bisa melakukan itu nantinya? Jika kita dapat secara langsung mengganti semua sel-sel tubuh kita yang rusak dengan sempurna dan tanpa cacat. Para ilmuwan telah nyaris mencapai keajaiban itu. Teknologi biologi molekular bernama Stem Cell, atau Sel Induk. Ini adalah sel paling dasar dari tubuh manusia, yang bisa berubah, atau dirubah, menjadi sel atau organ apapun di tubuh manusia.

Maka jika teknologi ini sudah disempurnakan di masa depan, Bila anda memiliki penyakit jantung, maka sel jantung itu bisa diganti dengan stem sel dan jantung anda akan berfungsi normal kembali. Bila anda mengalami kebutaan, sel retina anda bisa diganti dengan sel baru dari sel induk dan anda akan bisa melihat kembali. Stem Cell benar-benar membawa revolusi besar dalam kesehatan umat manusia.


 

  1. Computer Kuantum

Berapakah kecepatan computer tercepat saat ini?. Berdasarkan informasi terbaru bahwa computer tersecat saat ini adalah computer IBM Sequoia. Saat computer sequoia ditempatkan di Lawrence Livermore National Laboratory dan digunakan oleh Department of Energy, Amerika Serikat. Sequoia menyabet gelar super komputer tercepat setelah mengukir kecepatan prosesing 16,32 petaflop/s. (1 petaflop = 10^15 operasi per detik)

Computer kuantum di masa depan akan memiliki kecepatan yang jauh lebih cepat lagi dari itu. Komputer ini begitu dahsyat karena diciptakan memakai fenomena keajaiban dunia kuantum, Superposition dan Quantum Entanglement.

Lalu apa manfaat dari computer secepat ini?. Computer kuantum di masa depan dapat digunakan untuk memprediksikan cuaca di bumi dan gejala-gejala alam lain yang sangat kompleks dengan sangat akurat berbulan-bulan sebelumnya, seperti gempa bumi dan tornado, dan berbagai macam perhitungan rumit lain nya.


 

No comments:

Post a Comment