Selasa, 06 November 2012

Ancaman Keamanan Pada Email

    E-mail merupakan salah satu teknologi yang sangat membantu manusia untuk berkorespondensi satu sama lain. Hal ini disebabkan e-mail tidak mengenal batasan waktu, tempat dan biaya yang amat murah ketika seseorang ingin melakukan korespondensi dengan kenalannya di seluruh dunia. selama dapat mengakses jaringan internet. E-mail juga telah mengubah cara perusahaan menjalankan bisnis mereka khususnya berinteraksi (surat menyurat) dengan pelanggan mereka.

Akan tetapi selain memberikan kuntungan dan kemudahan, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan mengenai keamanan e-mail. Selama e-mail masih menggunakan jaringan internet sebagai media penghantarnya, maka e-mail juga sangat rentan terhadap celah keamanan seperti yang terjadi pada jaringan internet. Berbagai macam jenis ancaman dapat terjadi pada e-mail. Berikut adalah masalah yang sering dijumpai mengenai ancaman keamanan pada e-mail :

  • Penyadapan e-mail

    Penyadapan email adalah suatu tindakan E-mail dapat diibaratkan seperti kartu pos (postcard) yang dapat dibaca oleh siapa saja. "Terbuka". Email dikirimkan oleh MTA ke "kantor pos" terdekat untuk diteruskan ke "kantor pos" berikutnya. Hopping. Sampai akhirnya sampai di tujuan. Potensi penyadapan dapat terjadi di setiap titik (node)yang dilalui.

  • Pemalsuan e-mail

    E-mail palsu adalah email yang menggunakan alamat e-mail yang dipalsukan seolah-olah email tersebut berasal dari orang penting. Seseorang dapat dengan mudah menuliskan email dengan alamat yang dipalsukan asalkan sesuai standar RFC822.

  • Spamming

    Spam atau junk mail adalah penyalahgunaan dalam pengiriman berita elektronik untuk menampilkan berita iklan dan keperluan lainnya yang mengakibatkan ketidaknyamanan bagi para pengguna situs web. Bentuk berita spam yang umum dikenal meliputi: spam surat elektronik, spam pesan instan, spam
    Usenet newsgroup, spam mesin pencari informasi web (web search engine spam), spam blog, spam berita pada telepon genggam, spam forum Internet, dan lain lain.

  • E-mail virus

    Mail sebagai media untuk mengirimkan virus / trojan horse. Umumnya yang menjadi sarana tempat masuknya ancaman keamanan tersebut adalah lampiran (attachment) dalam email. Pengguna email secara tidak sadar membuka lampiran tersebut sehingga pada saat itu juga virus yang berupa program yang tersembunyi mulai bekerja. Pengguna semacam ini yang sering menjadi titik lemah persoalan keamanan email. Oleh karena itu perlu diperhatikan cara pengguna komputer dalam menangani email, agar risiko serangan dapat ditekan.

  • Mailbomb

    Mailbomb adalah Kegiatan pengiriman sejumlah besar e-mail ke sebuah alamat e-mail yang bermaksud untuk memenuhi kuota server mail tersebut.

  • Mail Relay

    Adalah fasilitas untuk mengirimkan email dengan menumpangkan kepada server yang di sebut relay. Server tersebutlah yang nantinya mengirimkan email ke alamat tujuan. Fasilitas ini digunakan untuk mengurangi beban dari workstation atau PC untuk mengirimkan email dengan melakukan sentralisasi pengiriman email. Akan tetapi sayangnya fasilitas ini sering diabuse untuk mengirimkan junk mail, yang disebut spamming, dengan menumpang mail server milik orang lain. Akibat dari tumpangan ini, mail server tersebut menjadi terbebani dan dijadikan tempat untuk meluncurkan spamming. Agar sistem anda tidak ditumpangi oleh orang-orang yang tidak berhak menggunakan mail server anda, maka anda harus mengkonfigurasi mail server sehingga tidak boleh dijadikan relay oleh orang lain

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar